Thursday, May 26, 2011

Pasang Surut Industri Musik

Penjualan kaset menjadi penanda zaman keemasanindustri musik indonesia. Di era tahun 1980-an, angka penjualan pernah mencapai 80 juta keping per tahun. maklum, saat itu harga kaset tergolong murah, kualitasnya juga tidak jelek. Soerjoko melihat, ketika itu orang benar-benar menyisihkan uang untuk membeli kaset. "Mereka tidak merekam sendiri di rumah, karena kualitasnya tidak sebagus kalau beli di toko, " tuturnya.
Sebelum ada aturan tentang hak cipta, Soerjoko bukannya tidak mengetahui kalau perbuatannya masuk kategori ilegal. Namun Aquarius dan perusahaan-perusahaan sejenis yang tergabung dalam Asosiasi Perekam Nasional Indonesia (APNI) tidak pernah mendapat ketegasan dari pemerintah tentang aturan hukumnya. "Malah kesannya dibiarkan saja, biar rakyat mendapat hiburan murah," katanya. Sampai akhirnya indonesia meratifikasi Konvensi Bern dan muncul UU No. 7 Tahun 1987, yang keduanya mengatur hak cipta.
Pemberlakuan hak cipta, membuat penjualan compact disc (CD) dan kaset menjadi lebih mahalsehingga berdampak pada angka penjualan. Meski penjualan sempat naik, namun Indonesia kemudian mengalami krisis ekonomi pada tahun 1998 yang membuat daya beli masyarakat semakin menurun. Pukulan berikutnya adalah pembajakan lagu di masa CD dan VCD yang sulit diberantas bahkan terkesan dibiarkan.
kehadiran internet di tahun 2000-an, di mana lagu-lagu semakin mudah didapatkan dengan cara download, membuat industri musik dunia menjadi lesu, termasuk Aquarius. Penjualan musik secara fisik CD atau kaset benar-benar rendah, sehingga Aquarius telah menutup dua tokonya, yakni di Jalan Dago Bandung dan Pondok Indah di Jakarta.
Soerjoko terus terang mengaku bingung dengan perkembangan ini. Ia hanya mengenal model bisnis di masa lalu yakni ada perusahaan rekaman, ada distribusi, lalu outlet. Walau bukan tidak mungkin ini akan berkembang lagi. "Cuma model bisnisnya saja beda," katanya dengan nada optimis.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html