Friday, May 27, 2011

Perempuan Rentan Bunuh Diri

Perempuan dinilai rentan melakukan usaha bunuh diri ketimbang pria. Tapi lucunya, tingkat keberhasilan matinya justru lebih rendah. Percobaan bunuh diri pada perempuan disebabkan beberapa faktor. Secara biologis, perempuan lebih mudah stres. Perubahan hormon, sejak ia menstruasi hinggga menopause memicu terjadinya perubahan perilaku.
Faktor lain, dari segi konstitusi sosial, perempuan masih menjadi subordinat terutama dalam pengambilan keputusan. Mereka juga dihadapkan pada berbagai tugas dan tanggungjawab, di antaranya karier, mengurus rumah, mendidik anak, mendampingi suami, dan sebagainya. Perempuan menjadi berfokus pada banyak bidang, beda dengan pria yang hanya satu bidang.
Berbagai fokus yang harus dipikirkan perempuan seringkali memicu untuk melakukan usaha bunuh diri. Namun seringkali usaha bunuh diri itu gagal, karena cara bunuh diri yang tak frontal seperti meminum obat tidur atau mengiris nadi. Beda dengan pria yang memilih cara agresif seperti jatuh dari ketinggian, menembak, menggunakan benda tajam, dsb.
Bunuh diri yang trennya menaik, disebabkan karena depresi masyarakat yang diliputi perasaan tak berdaya dan keputusasaan makin meningkat seiring perubahan gaya hidup saat ini. Persoalan rumah tangga, kemiskinan, hingga faktor genetik pun bisa jadi sebab kasus bunuh diri.
Upaya konseling dengan orang lain dapat mencegah depresi semakin buruk.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html